Home » Info Terkini » Sejarah » 10 Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

10 Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Posted at July 27th, 2017

Bencana alam sering di ibaratkan sebagai kiamat kecil karena banyaknya korban yang berjatuhan pasca kejadian tersebut. Sepanjang sejarahnya, sudah banyak sekali bencana alam yang terjadi di berbagai belahan bumi. Mulai dari yang skalanya kecil, sampai yang hampir ‘menghancurkan’ bumi. Bencana alam memang sudah menjadi kehendak Tuhan, tidak ada satupun orang yang bisa terhindar dari bencana alam. Namun, bencana tidak selalu datang dari alam bisa juga disebabkan oleh perilaku manusia. dari sekian banyaknya bencana di bumi ini, Tsunami Aceh pada tahun 2004 silam menjadi salah satu Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia, hal ini dapat di lihat dari total kerusakan dan juga korban jiwa belum lagi korban luka, kesemuanya itu hanya menjadi sebuah kenangan pahit bagi saudara kita yang ada di Aceh

Selain bencana Tsunami aceh 2004, ternyata masih banyak juga Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia. apakah sajakan itu..? berikut ulasannya :

1. Gempa Bumi Shaanxi Cina (1556)

Gempa Bumi Shaanxi Cina (1556) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Gempa Bumi Shaanxi Cina (1556) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Gempa ini terjadi pada tanggal 23 Januari 1556 di Shaanxi, Cina. Gempa mematikan ini menyebabkan hampir 830.000 orang meninggal dunia. Bahkan, 97 negara di seluruh dunia terpengaruh akibat gempa besar ini.

2. Topan Calcutta, India (1737)

Topan Calcutta, India (1737) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Topan Calcutta, India (1737) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Awalnya dipercaya bermula dari bencana alam gempa bumi, tapi setelah melalui beberapa penelitian barulah diketahui bahwa ternyata bencana alam mengerikan yang terjadi di sekitar kota Calcutta, India pada 7 Oktober 1737, sebenarnya murni merupakan bencana alam angin topan. Thomas Joshua Moore, seorang kolektor British East India Company di India mencatatkan bahwa bencana angin topan dan banjir parah yang terjadi di Calcutta mengakibatkan hampir semua gedung yang berada di kota tersebut hancur dan merenggut 3.000 korban jiwa. Tiga ribu korban jiwa mungkin terdengar kecil, namun sebenarnya hal itu sudah sangat besar apabila kita melihat itu hanyalah angka orang-orang yang meninggal di kota Calcutta saja. Laporan lain mencatakan bahwa pada daerah sekitar ternyata secara mengerikan telah merenggut nyawa hingga 300.000 korban jiwa dan menimbulkan kerusakan hingga 20.000 kapal. Banyak yang berasumsi bahwa 300 ribu korban jiwa tersebut adalah kru-kru kapal yang tidak dapat menyelamatkan diri.

Baca Juga :

3. Gunung Tambora meletus, NTB Indonesia (1815)

Gunung Tambora meletus Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Gunung Tambora meletus Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Menurut beberapa sumber, inilah bencana gunung meletus terdahsyat yang pernah terjadi. Gunung Tambora yang terletak di Nusa Tenggara Barat, meletus pada tanggal 10 – 17 April 1815. Saking mengerikannya, bahkan letusan Tambora ini lebih kuat 4 kali lipat dibandingkan letusan Gunung Krakatau di tahun 1883. Jumlah korban diperkirakan mencapai angka 12.000 jiwa. Lebih sedikit dibandingkan dengan bencana alam yang sudah disebutkan di atas. Namun gara-gara peristiwa ini, tahun 1816 dinyatakan sebagai tahun tanpa musim panas. Selain itu, langit menjadi gelap dalam beberapa hari karena debu vulkanik Gunung Tambora. Ini belum termasuk jumlah korban yang tewas secara tidak langsung dari benca alam tersebut. Ada jutaan orang mati kelaparan karena tumbuhan layu atau mati yang disebabkan matahari tertutup debu vulkanik sepanjang tahun.

4. Topan India, India (1839)

Topan India, India (1839) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Topan India, India (1839) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Pada 25 November 1839 sebuah angin topan mematikan setinggi 12 meter menyerang Coringa, yakni sebuah kota pelabuhan yang berada di India. Bencana alam mengerikan tersebut menimbulkan kerugian sebanyak 20.000 kapal hancur dan merenggut hingga sebanyak 300.000 korban jiwa. Ironisnya sebelum bencana alam ini terjadi ternyata kota Coringa juga sempat dilanda bencana alam lain, dimana pada tahun 1789 terjadi 3 gelombang pasang yang menghancurkan pelabuhan di sungai Ganges. Gelombang pasang ini menenggelamkan sejumlah kapal dan tercatatkan dalam bencana ini setidaknya ada 20.000 orang yang tenggelam. Hingga sekarang, Coringa tidak pernah benar-benar diperbaiki dan hanyalah sebuah perkampungan sederhana.

5. Gempa bumi Tangshan, China (1976)

Gempa bumi Tangshan, China (1976) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Gempa bumi Tangshan, China (1976) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Terjadi di dekat Tangshan di Hebei, China. Sebelum tsunami di Aceh, gempa bumi ini dinyatakan yang terdahsyat sepanjang sejarah. Pasca kejadian ini, ada sekitar 655.000 orang tewas dan 164.000 terluka parah. Banyaknya korban disebabkan karena gempa ini terjadi dua kali dengan kekuatan yang mengerikan. Pertama terjadi pada pukul 03.42 waktu setempat dengan kekuatan 8,2 skala richter. Lalu yang kedua terjadi 16 jam kemudian dengan kekuatan 7,8 skala richter. Meski hanya berlangsung selama 23 detik saja, namun itu sudah cukup untuk menewaskan ratusan ribu orang.

6. Angin topan bhola, Bangladesh (1970)

Angin topan bhola, Bangladesh (1970) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Angin topan bhola, Bangladesh (1970) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Bencana angin topan memang sering melanda Bangladesh, namun itu semua tak ada apa-apanya dibandingkan yang terjadi pada tanggal 12 November 1970 silam. Bencana ini sudah mulai nampak pada tanggal 11 November. Dan sehari kemudian menjadi badai yang mematikan. Korban tewas dalam bencana ini konon mencapai angka 1 juta jiwa. Hal ini terjadi karena pasca angin topan bhola, air laut meluap dan menenggelamkan pulau-pulau kecil berdataran rendah. Menurut saksi mata yang selamat dari angin topan mematikan tersebut, banyak manusia yang berterbangan seperti layangan dan sisanya tenggelam tersapu air yang meluap.

7. Gempa Bumi Haiyuan, Cina (1920)

Gempa Bumi Haiyuan, Cina (1920) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Gempa Bumi Haiyuan, Cina (1920) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Tidak ada yang menyangka bahwa bencana alam yang menimpa Cina pada 16 Desember 1920 di kota Haiyuan, Ningxia, akan menjadi salah satu bencana alam paling mengerikan yang akan tercatatkan di sejarah manusia. Juga dikenal dengan nama 1920 Gansu Eearthquake atau Gempa Bumi Gansu 1920 adalah sebuah gempa bumi berkekuatan 7,8 SR yang modern ini dikatakan sebenarnya adalah gempa bumi berkekuatan 8,5 SR bukan 7,8. Gempa bumi mengerikan ini telah menelan banyak sekali korban jiwa pada 2 daerah yang berbeda. Pertama, sebanyak 30.000 korban jiwa di Guyuan dan 73.000 di daerah Haiyuan. United States Geological Survey memperkirakan bahwa total korban yang terluka dan meninggal mencapai 200.000 jiwa. Data dari katalog Damaging Earthquakes in the World berkata lain, mereka memperkirakan bahwa angka tersebut salah dan sebenarnya korban dari gempa bumi mengerikan ini aslinya jauh lebih banyak, yaitu mencapai 235.502 korban luka dan meninggal.

8. Banjir Cina, Cina (1931)

Banjir Cina, Cina (1931) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Banjir Cina, Cina (1931) Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Terjadi karena sungai Huang He atau Yellow River. Yang berbeda adalah bencana alam ini lebih mematikan dan memakan korban jiwa jauh lebih banyak daripada yang dapat Anda bayangkan. Bahkan saking mengerikannya bencana alam ini, sungai Huang He diberi julukan sebagai China’s Sorrow atau Kesedihan Cina. Pada bulan Juli sampai dengan November 1931, Sungai Huang He atau yang sering disebut juga dengan nama Yellow River meluap dan menyebabkan banjir parah yang menghanyutkan banyak kota di Cina. Hal ini disebabkan karena cuaca yang tidak stabil, menyebabkan air sungai tersebut meluap dan diperkirakan memakan korban 1 hingga 4 juta jiwa. Jumlah korban itu bukan hanya korban tenggelam tapi juga dari kelaparan serta kekeringan yang diakibatkan oleh banjir mematikan ini.

9. Jebolnya Bendungan Banqiao, Cina (1975)

Jebolnya Bendungan Banqiao Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Jebolnya Bendungan Banqiao Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Bendungan Banqiao dibuat untuk menahan banjir besar. Namun, pada tahun 1975 terjadi hujan deras sehingga bendungan tersebut tidak mampu lagi menahan tekanan air. Ketika bendungan ini jebol, gelombang besar mengakibatkan kerusakan yang sangat parah dan menyebabkan 231.000 orang tewas.

10. Gempa Bumi Samudra India dan Tsunami Aceh, Indonesia san sekitarnya (2004)

Tsunami Aceh, Indonesia Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Tsunami Aceh, Indonesia Merupakan Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia

Beberapa dari Anda mungkin masih mengingat dengan insiden mengilukan yang menimpa negara kita ini. Diingat juga sebagai Tsunami Aceh, sebenarnya bermula dari sebuah bencana alam gempa bumi yang terjadi di Samudra Hindia pada 26 Desember 2004, tepatnya di lepas pantai Barat Sumatera, Indonesia. Akibat dari gempa bumi tersebut adalah serangkaian tsunami mengerikan serta mematikan yang turut menghancurkan seluruh daratan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Tercatatkan telah merenggut sebnyak 230.000 korban jiwa. Kekuatan gempa bumi yang memulai kejadian mengerikan ini tercatatkan dimulai dari 9 SR (Skala Ritcher) yang secara perlahan naik menjadi 9,1 kemudian 9,3 SR. Sebagai gambaran akan seberapa besar Skala Ritcher tersebut, ketahuilah bahwa gempa bumi skala 10 SR dikatakan dapat dirasakan hingga 1 benua. Kekuatan tersebut menyebabkan gempa bumi ini tercatatkan sebagai salah satu gempa bumi paling mematikan dalam sejarah manusia

Baca Juga Artikel Yang Lain

  • 7 Penemuan Purba yang Menakjubkan7 Penemuan Purba yang Menakjubkan Peneliti sejarah kepurbakalaan mungkin kebanyakan orang akan membuat santai, tapi tunggu dulu sampai ada tahu bena purba apa yang telah di temukan berikut ini. selain karena nilai […]
  • 10 Filem Kolosal Terbaik Paling Keren yang Perlu Anda Tonton10 Filem Kolosal Terbaik Paling Keren yang Perlu Anda Tonton Film Kolosal atau yang sering disebut Drama Kolosal, memang masih memiliki daya tarik tersendiri. Definisi filem kolosal menurut kritikus filem adalah filem yang di buat dengan skala besar […]
  • Batu Akik Paling Dicari di Tahun 2016Batu Akik Paling Dicari di Tahun 2016 Batu cincin yang kita kenal dengan sebutan batu akik ini hampir tak ada habisnya diburu setiap hari, mulai dari Batu Akik Termahal di Indonesia dan di Dunia hingga yang termurah, sehingga […]
  • 7 Bentuk Rumah Paling Unik dan Menarik di Dunia7 Bentuk Rumah Paling Unik dan Menarik di Dunia Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal dalam waktu tertentu oleh semua makhluk hidup. Bagi manusia rumah adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Karenanya […]

Click here for more information about "10 Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia"

Write your comment about 10 Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia




Related post to 10 Bencana Alam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Manusia