Home » Unik dan Menarik » 10 Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

10 Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Posted at October 19th, 2017
Share on Facebook10Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1Share on StumbleUpon1

Umat manusia diberkati dengan kekuatan otak yang lebih besar daripada makhluk hidup lainnya yang diketahui di Bumi. Tidak ada jalan lain, dunia ini tempat yang sangat berbahaya. Dalam hal kekuatan, ukuran dan kecepatan, banyak hewan yang jauh di depan daripada manusia. Hewan-hewan yang memiliki racun yang sangat mematikan ini bisa kita jumpai di Berbagai belahan Dunia. Bahkan ada beberapa diantara mereka yang hidup di Indonesia. Umumnya mereka menggunakan racunnya untuk mempertahankan diri dari ancaman yang datang dan untuk menangkap mangsa. King Cobra, Ubur-Ubur Kotak, Gurita Cincin Biru Merupakan salah satu dari Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Setiap tahunnya, serangan hewan beracun atau berbisa yang mematikan selalu menimbulkan ribuan kematian di seluruh dunia. Di antara banyaknya binatang beracun ini yang manakah yang paling mematikan dari 10 Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia di bawah ini :

1. King Cobra

King Cobra Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

King Cobra Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Sering disebut-sebut sebagai ular paling mematikan di dunia, ini tidaklah salah namun juga tidak tepat. Ular Cobra atau King Cobra sering disebut mematikan karena mereka mudah ditemukan pada lokasi yang padat penduduk dan mereka cukup agresif jadi serangan sangat mungkin terjadi, namun racun mereka masih kalah beracun jika dibandingkan dengan Inland Taipan. Dapat ditemukan di hutan-hutan Cina dan India, jika merasa terancam maka akan melebarkan leher mereka menyerupai tudung dan kemudian dapat menyemprotkan racun mereka ke mata korbannya. Setelah terkena racun maka kematian sangatlah mungkin terjadi jika tidak dirawat secepatnya. 7 ml racun kobra dapat membunuh 20 pria dewasa, bahkan seekor gajah. Ini karena dalam satu kali gigitan, mereka dapat menyuntikkan racun mereka sebanyak 5 kali lebih banyak daripada ular lainnya.

2. Ubur-ubur kotak

Ubur-ubur kotak Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Ubur-ubur kotak Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Ubur-ubur kotak (Chironex fleckeri) atau dalam bahasa Inggris dinamai box jellyfish diyakini oleh banyak kalangan sebagai hewan dengan bisa paling mematikan di dunia. Jika tersengat, racunnya akan menyerang jantung, sistem syaraf dan sel-sel kulit. Dan parahnya, bisa dari box jellyfish sangat menyakitkan sehingga orang yang terkena akan mengalami shock, serangan jantung atau tewas tenggelam sebelum mampu keluar dari air.

3. Inland Taipan

Inland Taipan Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Inland Taipan Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Ular inland taipan (Oxyuranus microlepidotus) merupakan jenis ular yang hidup di Benua Australia. Ular ini dianggap sebagai ular dengan bisa paling beracun di dunia. Bisanya mengandung neurotoxin yang bisa membunuh manusia hanya dalam waktu kurang dari 45 menit. Meski begitu, ular jenis ini bukan termasuk jenis ular agresif dan jarang ditemui di alam liar. Hingga kini pun, belum ada catatan mengenai korban jiwa yang diakibatkan oleh serangan ular inland taipan.

4. Gurita Cincin Biru

Gurita Cincin Biru Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Gurita Cincin Biru Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Gurita cincin biru (Hapalochlaena) atau biasa dikenal dengan Blue-Ringed Octopus adalah salah satu hewan yang paling mematikan di lautan. Gurita ini tersebar di sepanjang Australia dan bagian barat Indo-Pasifik. Gurita ini sebenarnya berukuran kecil, sebesar bola golf, dengan warna cerah menggemaskan. Biasa dipegang dan dibawa ke atas oleh para penyelam. Bisa dari gurita ini dapat menyebabkan kebutaan, gangguan pernafasan akut, hingga kematian.

5. Kalajengking Deathstalker

Kalajengking Deathstalker Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Kalajengking Deathstalker Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Namanya cukup menyeramkan seperti dalam film-film horror atau sains fiksi, namun jenis kalajengkin ini memang diyakini sebagai salah satu jenis kalajengkin g paling mematikan di dunia. Kalajengking deathstalker (Leiurus quinquestriatus) banyak ditemukan di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Spesies ini memiliki racun berupa campuran neurotoxin yang cukup kuat sehingga bisa memberikan efek rasa sakit yang tak tertahankan apabila ada manusia atau hewan lain tersengat kalajengkin ini. Selain itu bisa menyebabkan gangguan pernafasan, kelumpuhan dan kematian.

6. Brazilian Wandering Spider

Brazilian Wandering Spider Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Brazilian Wandering Spider Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Inilah laba-laba paling mematikan di dunia berdasarkan Buku Rekor Dunia Guinness. Seperti namanya, laba-laba ini memiliki kebiasaan untuk mengembara atau tepatnya berkeliaran dan sering ditemukan di rumah atau mobil pada tempat berpopulasi tinggi, khususnya pada siang hari. Ditambah dengan sifat mereka yang agresif. Racun pada laba-laba ini dapat menghentikan napas korbannya dan menyebabkan kematian kurang dari 10 menit. Gejala yang disebabkan racun laba-laba ini juga sangatlah aneh, pria akan mengalami yang namanya priapism, yakni ereksi yang bertahan sangat lama sampai gejala umum racun ini yakni kesulitan bernapas menghampiri. Jika Anda sering mendengar laba-laba black widow adalah laba-laba yang mematikan, maka laba-laba Brazilian Wandering Spider ini hanya membutuhkan setengah jumlah racun yang dari laba-laba black widow untuk menyebabkan kematian.

7. Ikan Lepu Batu

Ikan Lepu Batu Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Ikan Lepu Batu Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Para penyelam mengenal ikan ini dan selalu berhati-hati agar tidak sekali-kali mendekatinya. Ikan lepu batu, atau ikan batu (Synanceia) terkenal dengan racunnya yang sangat kuat, yang dikeluarkan dari duri-duri di tubuhnya yang mengakibatkan luka tertusuk. Bila tidak segera ditangani, racun akan menyebar dan merusak jaringan saraf, menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian.

8. Marbled Cone Snail (Siput Keramik)

Marbled Cone Snail Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Marbled Cone Snail Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Marbled Cone Snail adalah bukti nyata bahwa penampilan dapat menipu. Hewan kecil dengan corak indah ini sangatlah mengerikan, satu tetes racunnya dapat membunuh 20 manusia. Siput ini memiliki satu gigi yang menyerupai harpun dan digunakan untuk berburu serta menyuntikkan racunnya. Jangan meremehkan bentuk mereka, gigi menyerupai harpin ini dapat merobek kulit dan daging Anda. Terlebih sampai sekarang belum ditemukan ada penawar untuk racun mereka yang memiliki gejala rasa sakit luar biasa serta kelumpuhan. Harapan satu-satunya adalah apakah metabolisme tubuh Anda yang akan menang atau siput mungil ini. Akan tetapi Anda bisa tenang karena sampai sekarang hanya sekitar 30 kematian yang diketahui terkait atas hewan ini.

9. Katak Panah Beracun (Poison Dart Frog)

Poison Dart Frog Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Poison Dart Frog Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Jika “Racun” atau “Poison” menjadi bagian dari nama sebuah mahluk tentu kita tahu hal itu tidak boleh dianggap remeh. Racun dari Katak Panah Beracun atau Poison Dart Frog dapat membunuh 10 pria dewasa atau 20.000 ekor tikus. Dalam dunia medis, racun katak ini dapat disetarakan sebagai obat penghilang rasa sakit yang 200 kali lebih kuat daripada morfin. Jika dilihat dari ukurannya yang hanya 2 inci maka mahluk ini dapat disebut sebagai mahluk darat paling beracun di dunia. Hanya dengan menyentuhnya maka seseorang dapat merasa mual atau bahkan meninggal. Suku lokal sering mengoleskan racun mereka di ujung senjata seperti panah atau panah tiup (blow-dart) sebagai senjata berburu.

Baca Juga :

10. Ikan Buntal (Puffer Fish)

Puffer Fish Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Puffer Fish Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia

Lebih dikenal sebagai Ikan Fugu di Jepang dan adalah salah satu hewan paling beracun yang ada di dunia. Hampir keseluruhan tubuh ikan ini dipenuhi oleh racun yang belum ada penawarnya, menyebabkan kelumpuhan, kegagalan pernapasan dan kematian. Uniknya adalah di Jepang dan Korea, daging ikan ini adalah makanan tersendiri bagi para penggemarnya. Namun tentu hanya koki yang memiliki izin resmi dan pelatihan tertentu yang dapat menyiapkan makanan tersebut, jika tidak maka akan berakhir dengan keracunan atau kematian. Satu porsi ikan Fugu dapat bernilai hingga 200 US Dollar atau setara dengan 2,2 Juta Rupiah.

Baca Juga Artikel Yang Lain

  • 7 Penemuan Purba yang Menakjubkan7 Penemuan Purba yang Menakjubkan Peneliti sejarah kepurbakalaan mungkin kebanyakan orang akan membuat santai, tapi tunggu dulu sampai ada tahu bena purba apa yang telah di temukan berikut ini. selain karena nilai […]
  • 7 Negara Dengan Pulau terbanyak di Dunia7 Negara Dengan Pulau terbanyak di Dunia Bumi yang bulat ini memiliki ratusan pulau yang tersebar di banyak negara, pulau - pulau itu memiliki kekayaan yang beragam. tidak semua pulau - pulau itu di huni manusia namun ada juga […]
  • 7 Kota Tercantik dan Terindah di Dunia7 Kota Tercantik dan Terindah di Dunia Keindahan kota yang menakjubkan pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke kota-kota indah tersebut. Jika Anda mengunjungi sebuah negara maka ibukota dari […]
  • Batu Akik Paling Dicari di Tahun 2016Batu Akik Paling Dicari di Tahun 2016 Batu cincin yang kita kenal dengan sebutan batu akik ini hampir tak ada habisnya diburu setiap hari, mulai dari Batu Akik Termahal di Indonesia dan di Dunia hingga yang termurah, sehingga […]

Click here for more information about "10 Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia"

Write your comment about 10 Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia




Related post to 10 Hewan Dengan Racun Paling Mematikan di Dunia