Home » Sejarah » 10 Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

10 Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Posted at July 16th, 2017

Mungkin pernah terfikir dalam benakmu siapakah Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa ? mungkin artikel kali ini dapat membantu pertanyaan tersebut, untuk itu mari kita simak bersama. Peperangan merupakan suatu hal yang lazim ketika zaman kerajaan. Hal ini dilakukan untuk dua hal, yakni untuk memperluas wilayah kekuasaan atau untuk mempertahankan diri dari serangan kerajaan lain. Budaya seperti ini seolah-olah membawa kehidupan kerajaan ke dalam hukum rimba, siapa yang kuat dialah yang menang. Untuk memenangkan sebuah perang dibutuhkan figur yang cakap dalam memimpin serta ahli dalam strategi dan karismatik yang dapat memicu semangat para pasukannya.

Nah berikut adalah 10 Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa yang telah kami rangkum :

1. Alexander The Great

Alexander The Great merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Alexander The Great merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Tanpa dipungkiri lagi, sulit bila Alexander The Great tidak ada dalam daftar top list pemimpin perang terhebat sepanjang masa. Alexander muda adalah murid dari filsuf Yunani yang legendaris, Aristoteles. Alexander menjadi raja Makedonia pada umur 19 tahun setelah ayahnya Philip II dibunuh oleh pengawalnya sendiri. Alexander bersumpah untuk memenuhi keinginan ayahnya sebelum mati, yaitu menaklukkan kerajaan Persia. Dan benar saja, pada tahun 333 SM, Pasukan Persia yang dikenal tangguh dan jumlahnya lebih banyak bahkan dipimpin langsung Darius III diobrak-abrik oleh formasi phalanx yunani yang termahsyur itu. Pada usia 23 tahun, Alexander mengalahkan kekaisaran Persia, kekaisaran terbesar dan terkuat pada masa itu.

Alexander berambisi menaklukkan dunia dan membawa pasukannya sampai jauh ke India, sesuatu yang belum pernah dilakukan pasukan manapun di dunia saat itu. Alexander wafat di Babylonia pada usia 33 tahun, meningalkan kekaisaran terbesar yang pernah dilihat manusia saat itu yang mencakup tiga benua: Eropa, Afrika, dan Asia. Dia tak pernah terkalahkan sekali-pun dalam pertempuran. Banyak Kaisar-kaisar romawi berziarah ke makamnya di Alexandria atas bentuk kekaguman terhadapnya. Para pemimpin-pemimpin dunia seringkali menjadikan Alexander sebagai tolak ukur atas pencapaian mereka dalam keberhasilan perang. Strategi dan kepemimpinan Alexander terus dipelajari dari masa ke masa sampai saat ini.

2. Genghis Khan

Genghis Khan merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Genghis Khan merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Salah satu sosok ‘from zero to hero’, dari pemuda miskin di dataran mongolia, sampai menjadi pemimpin kekaisaran terbesar sepanjang sejarah. Temujin, atau yang lebih dikenal Genghis Khan memulai karir kepemimpinannya dengan menyatukan suku suku kecil di Mongolia. Lalu memulai invasi ke dataran Cina, Jazirah Arab, bahkan sampai ke Eropa. Dalam pertempuran, Genghis Khan memberi dua pilihan kepada pemimpin negara yang ia invasi: menyerah dan tidak ada yang disakiti, asalkan mau mengabdi kepadanya, atau menghancurkan dan membantai mereka tanpa menyisakan seorang pun. Oleh karena itu pasukan Genghis Khan memiliki reputasi yang mengerikan oleh raja-raja eropa. Kekaisaran Genghis Khan membentang dari Eropa Timur sampai ke batas Laut Jepang. Penaklukkan Genghis Khan juga membuka jalan sutera perdagangan dari eropa ke asia, dan juga pertukaran budaya dari kedua belahan bumi tersebut, dan membentuk kebudayaan dunia yang kita kenal sekarang ini.

Baca Juga :

3. Julius Caesar

Julius Caesar merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Julius Caesar merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Caesar adalah jenderal terbesar bangsa Romawi. Caesar memiliki peran penting dalam transformasi Romawi dari Republik menjadi Kekaisaran yang kuat. Caesar berhasil mengakhiri perang saudara dan memulai reformasi politik. Caesar adalah jenderal Romawi pertama yang menginvasi dataran Inggris menyebrangi sungai Rhine pada tahun 55 SM. Dia juga berhasil menguasai wilayah strategis Gaul (Perancis) dan pengaruh langsungya terhadap wilayah itu masih terasa hingga kini. Pencapaiannya dalam militer sulit disamakan bahkan oleh rival terbesarnya, Pompey. Korupsi yang merajalela berhasil ditumpas oleh Caesar dan megukuhkan dirinya sebagai diktator seumur hidup. Caesar menjalin hubungan dengan Ratu Mesir, Cleopatra yang menghasilkan satu orang anak, Caesarion. Caesar dibunuh oleh Marcus Brutus dan senator lainnya dalam sebuah plot di sidang senat. Kematiannya menandakan akhir Republik Romawi dan awal dari kekaisaran Romawi. Gelar penguasa ‘Kaiser’, ‘Tsar’, ‘Czar’ dan ‘Kaisar’ diadopsi dari namanya.

4. Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Napoleon Bonaparte merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Figur terbesar bangsa Perancis. Tumbuh dan besar di saat Revolusi Perancis dan Reign of Terror (1793). Napoleon naik ke permukaan disaat kaum Girondins dan La Montagne berebut kekuasaan. Napoleon menjadi panglima perang tertinggi Perancis dan kemudian perang Napoleon meletus. Napoleon memiliki skill tinggi dalam merancang taktik perang yang mengundang decak kagum dunia. Hasilnya, Napoleon menguasai hampir seluruh wilayah Eropa Utara dan Afrika Utara. Napoleon diangkat oleh para Senat menjadi Kaisar Perancis pertama. Kesalahannya yang fatal adalah saat menginvasi Rusia disaat musim paling dingin, sehingga banyak pasukannya banyak yang mati kedinginan, kesalahan yang sama diulangi oleh Hitler saat Operasi Barbarossa (1941). Napoleon juga mencetuskan Undang-Undang Napoleon yang mempengaruhi UUD banyak negara termasuk Indonesia.

5. Salahuddin Al-Ayyubi (Saladin)

Salahuddin Al-Ayyubi merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Salahuddin Al-Ayyubi merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Salahuddin Al-Ayyubi atau yang lebih dikenal dikenal di dunia barat sebagai Saladin, adalah sultan sekaligus pendiri dinasti Ayyubid dan pemimpin muslim paling terkenal selama perang salib. dibawah kepemimpinan Salahuddin, pasukan salib berhasil dikalahkan melalui taktik yang brilian di Pertempuran Hattin (1187) dan menawan Guy of Lusignan, raja jerussalem saat itu. Salahuddin juga berhasil merebut kota suci Jerussalem yang sudah ada di pihak pasukan salib sejak lama, serta mempersilahkan kaum kristen dan yahudi yang sudah ada disana untuk tetap tinggal dan beribadah seperti biasa dan memperlakukan mereka dengan penuh respek. Setelah penaklukkannya, Jerussalem terus berada di pihak muslim sampai ke kekaisaran Ottoman. Salahuddin dihormati oleh musuh-musuhnya, bahkan pemimpin pasukan salib berikutnya, Richard The Lionheart menaruh hormat kepadanya, dan mereka saling bertukar hadiah satu sama lain, walaupun mereka sedang dalam kondisi berperang.

6. Cyrus The Great

Cyrus The Great merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Cyrus The Great merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Cyrus adalah tokoh pertama yang menyandang gelar ‘The Great”. Cyrus adalah pendiri kekaisaran Persia dan dianggap sebagai ‘Bapak’ bangsa Iran. Cyrus adalah seseorang yang ahli dalam politik dan strategi, pada masanya, pasukan persia memenangi banyak peperangan. Dibawah kepemimpinannya, kekaisaran Persia tumbuh menjadi kekaisaran terbesar di dunia. Cyrus adalah pencetus deklarasi Hak Asasi Manusia pertama di dunia pada tahun 539 SM, yang menolak perbudakan dan toleransi antar agama. Orang Yahudi menjulukinya sebagai ‘Messiah’, satu-satunya orang non-yahudi yang dijuluki nama itu. Alexander The Great adalah salah satu dari sekian banyak tokoh yang terinspirasi Cyrus. Hingga pada penaklukkan Persia, Alexander memerintahkan ajudannya untuk mempercantik makam Cyrus.

7. Khalid Bin Walid

Khalid Bin Walid merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Khalid Bin Walid merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Jenderal perang pada masa Nabi Muhammad dan Khulafaur Rasyidin. Khalid Bin Walid berasal dari suku Quraisy yang menentang Nabi pada perang Uhud, tapi kemudian menjadi mualaf dan berperang bersama Nabi Muhammad pada perang Mu’tah (629), perang melawan bangsa Romawi. Khalid dijuluki ‘Pedang Allah Yang Terhunus”. Sepeninggal Nabi Muhammad, Khalid terus berperan sebagai Jenderal pada Masa pemerintahan Abu Bakar dan Umar bin Khattab melawan Byzantium, Sassanid, dan Persia. Khalid tidak pernah sekalipun mengalami kekalahan dalam pertempuran yang konon jumlahnya ratusan, baik itu perang besar, perang skala kecil, maupun duel satu lawan satu! Khalid adalah pionir dalam setiap strategi brillian pada perang-perang penting penaklukkan umat Islam. Khalid dianggap sebagai salah satu jenderal perang paling hebat sepanjang sejarah.

8. Attila The Hun

Attila The Hun merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Attila The Hun merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Bila kita hidup 1600 tahun yang lalu, kita hanya bisa berdoa negara kita tidak akan diserang oleh Attila. Bagaimana tidak, Attila dikenal sebagai salah satu pria paling sadis dan brutal dalam sejarah. Bahkan kekaisaran Romawi harus membayar upeti setiap tahun agar tidak diserang bangsa Hun. Attila tidak pandang bulu, bahkan wanita dan anak-anak juga dibantainya. Dibalik kesadisannya, Attila memiliki skill tinggi dalam mengatur strategi dan memobilisasi pasukannya. Untuk mencegah aksi Attila lebih jauh lagi, Romawi membentuk sekutu dengan kekaisaran lain sehingga Attila gagal menguasai Romawi barat. Attila tetap dikenang sebagai pemimpin perang paling ditakuti sepanjang sejarah.

9. Hannibal Barca

Hannibal Barca merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Hannibal Barca merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Jenderal yang paling ditakuti oleh bangsa Romawi. Hannibal memimpin pasukannya melawan pasukan Romawi yang kala itu masih Republik di Perang Punic ke II (218 SM), Ia memenangkan 3 pertempuran dramatis Trebia, Trasimene, dan yang paling terkenal Cannae yang membuat Romawi kewalahan dan Hannibal menguasai hampir seluruh wilayah italia selama 15 tahun. Nama Hannibal sering dikaitkan dengan rasa takut rakyat Roma saat itu, sampai sampai para orang tua Roma menakut-nakuti anaknya dengan kata “Hannibal ante portas” atau Hannibal telah berada di depan gerbang Roma. Hannibal dijuluki sebagai ‘Bapak Strategi’, dan strategi-strategi perangnya diadopsi bahkan oleh bangsa Romawi sendiri. Strateginya dipelajari berabad-abad kemudian di seluruh dunia, dan dipakai oleh para master taktik perang seperti Napoleon Bonaparte.

10. Erwin Rommel

Erwin Rommel merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Erwin Rommel merupakan Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa

Jenderal Nazi yang legendaris. Erwin Rommel adalah salah satu jenderal perang dunia ke II yang paling terkenal dan paling dihormati, bahkan oleh musuh-musuhnya. Kecakapan Rommel dalam memimpin pasukannya membawa Nazi memenangkan banyak pertempuran, salah satunya adalah serangan cepat ke perancis pada tahun 1940. Rommel lalu memimpin pasukan Nazi di Afrika Utara, dan kerap kali terjun langsung di front depan pertempuran yang membuatnya dijuluki ‘The Desert Fox’. Rommel adalah sosok yang loyal terhadap Jerman tapi tidak terhadap ideologi Nazi. Rommel sering mengabaikan perintah Hitler untuk membunuh setiap yahudi yang ditemuinya. Rommel percaya bahwa perang memang akan menghilangkan banyak nyawa tapi tidak mentolerir kematian yang sia sia. Winston Churcill, perdana menteri Inggris menaruh respek besar terhadap Rommel. Ketidakpercayaan Rommel terhadap ideologi Nazi membawanya dituding sebagai salah satu bagian dalam plot percobaan pembunuhan Hitler, dan dipaksa bunuh diri dengan meminum sianida. Sebuah akhir yang ironis bagi seorang pahlawan perang yang pada akhirnya dibunuh bangsanya sendiri. Pasukan Nazi jelas kehilangan sosok Rommel, dan pada setahun setelah kematiannya, Nazi Jerman ditaklukkan oleh pasukan Merah Rusia dan Tentara Sekutu.

Baca Juga Artikel Yang Lain

Click here for more information about "10 Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa"

Write your comment about 10 Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa




Related post to 10 Pemimpin Perang Terhebat Sepanjang Masa