Home » Sejarah » 10 Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

10 Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Posted at October 19th, 2017
Share on Facebook5Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1Share on StumbleUpon1

Nama – Nama seperti AL-FARABI, IBNU SINA, AL-BIRUNI adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah, Nama mereka menarik pengaruh dari filsafat Aristoteles dan Neo-Platonis, termasuk Euclid, Archimedes, Ptolemy dan lain-lain. Kaum muslimin pada saat itu telah berhasil membuat berbagai penemuan di bidang kedokteran, bedah, matematika, fisika, kimia, filsafat, astrologi, geometri dan bidang lainnya.yang tak terhitung jumlahnya dan menuliskan karya-karyanya dalam berbagai buku

Di awal era pertumbuhan Islam, Dunia Pengetahuan mengalami zaman keemasan dengan bermunculannya ilmuwan – ilmuwan muslim yang sampai sekarang penemuannya masih digunakan dan menjadi rujukan sebagai dasar dari perkembangan pengetahuan modern, tapi mungkin karena kurangnya publisitas dan banyaknya peristiwa sejarah yang menjadikan nama – nama mereka kurang dikenal bahkan di kalangan para umat muslim itu sendiri. untuk itu berikut 10 Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah di buktikan dengan berbagai karyanya yang masih di pakai hingga sekarang :

1. Ibnu Sina (Avicenna)

Ibnu Sina adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Ibnu Sina adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Ibnu Sina (980-1037) dikenal juga sebagai Avicenna di Dunia Barat adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia (sekarang sudah menjadi bagian Uzbekistan). Ibnu Sina lahir pada tahun 370 (H) / 980 (M) di rumah ibunya Afshana, sebuah kota kecil sekarang wilayah Uzbekistan (bagian dari Persia).

Dia adalah pengarang dari 450 buku pada beberapa pokok bahasan besar. Banyak diantaranya memusatkan pada filosofi dan kedokteran. Dia dianggap oleh banyak orang sebagai “bapak kedokteran modern.” George Sarton menyebut Ibnu Sina “ilmuwan paling terkenal dari Islam dan salah satu yang paling terkenal pada semua bidang, tempat, dan waktu.” pekerjaannya yang paling terkenal adalah The Book of Healing dan The Canon of Medicine, dikenal juga sebagai sebagai Qanun (judul lengkap: Al-Qanun fi At Tibb). Karyanya yang sangat terkenal adalah Qanun fi Thib yang merupakan rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad.

2. Al-Biruni

Al-Biruni adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Al-Biruni adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Merupakan matematikawan Persia, astronom, fisikawan, sarjana, penulis ensiklopedia, filsuf, pengembara, sejarawan, ahli farmasi dan guru, yang banyak menyumbang kepada bidang matematika, filsafat, obat-obatan.Abu Raihan Al-Biruni dilahirkan di Khawarazm di Asia Tengah Lahir pada 545 Hirjriah yang pada masa itu terletak dalam kekaisaran Persia. Ketika berusia 27, dia telah menulis buku berjudul “Kronologi” yang merujuk kepada hasil kerja lain yang dihasilkan oleh beliau (sekarang tiada lagi) termasuk sebuah buku tentang astrolab, sebuah buku tentang sistem desimal, 4 buku tentang pengkajian bintang, dan 2 buku tentang sejarah.

Beliau membuat penelitian radius Bumi kepada 6.339,6 kilometer (hasil ini diulang di Barat pada abad ke 16). Hasil karya Al-Biruni melebihi 120 buah buku. Aritmatika teoritis and praktis, penjumlahan seri, analisis kombinatorial, Kaidah angka 3, Bilangan irasional, Teori perbandingan, Definisi aljabar, Metode pemecahan penjumlahan aljabar, Geometri, Teorema Archimedes, Sudut segitiga adalah termasuk Sumbangannya Al Biruni pada ilmu matematika. Bahkan Nasa pun memberi apresiasi padanya, dengan memberi nama salah satu kawah di bulan dengan nama Al-Biruni

3. Ibnu Rushd (Averroes)

Ibnu Rushd (Averroes) adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Ibnu Rushd (Averroes) adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Abu Walid Muhammad bin Rusyd adalah Ilmuan islam paling berjasa lahir di Kordoba (Spanyol) pada tahun 520 Hijriah (1128 Masehi). Ayah dan kakek Ibnu Rusyd adalah hakim-hakim terkenal pada masanya. Ibnu Rusyd kecil sendiri adalah seorang anak yang mempunyai banyak minat dan talenta. Dia mendalami banyak ilmu, seperti kedokteran, hukum, matematika, dan filsafat. Ibnu Rusyd mendalami filsafat dari Abu Ja’far Harun dan Ibnu Baja. Ibnu Rusyd adalah seorang jenius yang berasal dari Andalusia dengan pengetahuan ensiklopedik. Masa hidupnya sebagian besar diberikan untuk mengabdi sebagai “Kadi” (hakim) dan fisikawan. Di dunia barat, Ibnu Rusyd dikenal sebagai Averroes dan komentator terbesar atas filsafat Aristoteles yang mempengaruhi filsafat Kristen di abad pertengahan, termasuk pemikir semacam St. Thomas Aquinas. Banyak orang mendatangi Ibnu Rusyd untuk mengkonsultasikan masalah kedokteran dan masalah hukum.Pemikiran Ibnu Rusyd

Karya-karya Ibnu Rusyd meliputi bidang filsafat, kedokteran dan fikih dalam bentuk karangan, ulasan, essai dan resume. Hampir semua karya-karya Ibnu Rusyd diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan Ibrani (Yahudi) sehingga kemungkinan besar karya-karya aslinya sudah tidak ada. Filsafat Ibnu Rusyd ada dua, yaitu filsafat Ibnu Rusyd seperti yang dipahami oleh orang Eropa pada abad pertengahan dan filsafat Ibnu Rusyd tentang akidah dan sikap keberagamaannya.

4. Abū Nasir Muhammad bin al-Farakh (Al-Farabi)

Al-Farabi adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Al-Farabi adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Abū Nasir Muhammad bin al-Farakh al-Fārābi (872-950) disingkat Al-Farabi adalah ilmuwan dan filsuf Islam yang berasal dari Farab, Kazakhstan. Ia juga dikenal dengan nama lain Abū Nasir al-Fārābi (dalam beberapa sumber ia dikenal sebagai Abu Nasr Muhammad Ibn Muhammad Ibn Tarkhan Ibn Uzalah Al- Farabi, juga dikenal di dunia barat sebagai Alpharabius, Al-Farabi, Farabi, dan Abunasir). Al Farabi dianggap sebagai salah satu pemikir terkemuka dari era abad pertengahan. Selama hidupnya al Farabi banyak berkarya. Jika ditinjau dari Ilmu Pengetahuan, karya-karya al- Farabi dapat ditinjau menjdi 6 bagian: Logika, Ilmu-ilmu Matematika, Ilmu Alam, Teologi, Ilmu Politik dan kenegaraan, Bunga rampai (Kutub Munawwa’ah).

Karyanya yang paling terkenal adalah Al-Madinah Al-Fadhilah (Kota atau Negara Utama) yang membahas tentang pencapaian kebahagian melalui kehidupan politik dan hubungan antara rejim yang paling baik menurut pemahaman Plato dengan hukum Ilahiah Islam.

5. Al-Battani (Albatenius)

Al-Battani adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Al-Battani adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Al Battani (sekitar 858-929) juga dikenal sebagai Albatenius adalah seorang ahli astronomi dan matematikawan dari Arab. Al Battani nama lengkap: Abū Abdullāh Muhammad ibn Jābir ibn Sinān ar-Raqqī al-Harrani as-Sabi al-Battānī), lahir di Harran dekat Urfa. Salah satu pencapaiannya yang terkenal dalam astronomi adalah tentang penentuan Tahun Matahari sebagai 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik.

Al Battani juga menemukan sejumlah persamaan trigonometri: Ia juga memecahkan persamaan sin x = a cos x dan menemukan rumus, menggunakan gagasan al-Marwazi tentang tangen dalam mengembangkan persamaan-persamaan untuk menghitung tangen, cotangen dan menyusun tabel perhitungan tangen. Al Battani bekerja di Suriah, tepatnya di ar-Raqqah dan di Damaskus, yang juga merupakan tempat wafatnya.

6. Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi

Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Nama Asli dari al-Khawarizmi ialah Muhammad Ibn Musa al-khawarizmi merupakan salah satu ilmuan islam paling berjasa. Selain itu beliau dikenali sebagai Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Yusoff. Al-Khawarizmi dikenal di Barat sebagai al-Khawarizmi, al-Cowarizmi, al-Ahawizmi, al-Karismi, al-Goritmi, al-Gorismi dan beberapa cara ejaan lagi. Beliau dilahirkan di Bukhara.Tahun 780-850M adalah zaman kegemilangan al-Khawarizmi. al-Khawarizmi telah wafat antara tahun 220 dan 230M. Ada yang mengatakan al-Khawarizmi hidup sekitar awal pertengahan abad ke-9M. Sumber lain menegaskan beliau hidup di Khawarism, Usbekistan pada tahun 194H/780M dan meninggal tahun 266H/850M di Baghdad.

Dalam pendidikan telah dibuktikan bahawa al-Khawarizmi adalah seorang tokoh Islam yang berpengetahuan luas. Pengetahuan dan keahliannya bukan hanya dalam bidang syariat tapi di dalam bidang falsafah, logika, aritmatika, geometri, musik, ilmu hitung, sejarah Islam dan kimia.

7. Ibnu Ismail Al-Jazari

Ibnu Ismail Al-Jazari adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Ibnu Ismail Al-Jazari adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Al Jazari mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang kemudian hari dikenal sebagai mesin robot. “Tak mungkin mengabaikan hasil karya Al-Jazari yang begitu penting. Dalam bukunya, ia begitu detail memaparkan instruksi untuk mendesain, merakit, dan membuat sebuah mesin” (Donald Hill). Kalimat di atas merupakan komentar Donald Hill, seorang ahli teknik asal Inggris yang tertarik dengan sejarah teknologi, atas buku karya ahli teknik Muslim yang ternama, Al-Jazari. Al Jazari merupakan seorang tokoh besar di bidang mekanik dan industri. Lahir dai Al Jazira, yang terletak diantara sisi utara Irak dan timur laut Syiria, tepatnya antara Sungai tigris dan Efrat.Al-Jazari merupakan ahli teknik yang luar biasa pada masanya.

Nama lengkapnya adalah Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari. Dia tinggal di Diyar Bakir, Turki, selama abad kedua belas. Ibnu Ismail Ibnu Al-Razzaz al-Jazari mendapat julukan sebagai Bapak Modern Engineering berkat temuan-temuannya yang banyak mempengaruhi rancangan mesin-mesin modern saat ini, diantaranya combustion engine, crankshaft, suction pump, programmable automation, dan banyak lagi.

8. Abu Musa Jabir bin Hayyan (Geber)

Abu Musa Jabir bin Hayyan adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Abu Musa Jabir bin Hayyan adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Abu Musa Jabir bin Hayyan, atau dikenal dengan nama Geber di dunia Barat, diperkirakan lahir di Kuffah, Irak pada tahun 722 dan wafat pada tahun 804. Kontribusi terbesar Jabir adalah dalam bidang kimia. Keahliannya ini didapatnya dengan ia berguru pada Barmaki Vizier, pada masa pemerintahan Harun Ar-Rasyid di Baghdad. Ia mengembangkan teknik eksperimentasi sistematis di dalam penelitian kimia, sehingga setiap eksperimen dapat direproduksi kembali. Jabir menekankan bahwa kuantitas zat berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi, sehingga dapat dianggap Jabir telah merintis ditemukannya hukum perbandingan tetap. Kontribusi lainnya antara lain dalam penyempurnaan proses kristalisasi, distilasi, kalsinasi, sublimasi dan penguapan serta pengembangan instrumen untuk melakukan proses-proses tersebut. Bapak Kimia Arab ini dikenal karena karya-karyanya yang sangat berpengaruh pada ilmu kimia dan metalurgi.

9. Muhammad bin Zakariya Al-Razi (Rhazes)

Muhammad bin Zakariya Al-Razi adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Muhammad bin Zakariya Al-Razi adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Abu Bakar Muhammad bin Zakaria ar-Razi atau dikenali sebagai Rhazes di dunia barat merupakan salah seorang pakar sains Iran yang hidup antara tahun 864 – 930. Ia lahir di Rayy, Teheran pada tahun 251 H./865 dan wafat pada tahun 313 H/925. Ar-Razi sejak muda telah mempelajari filsafat, kimia, matematika dan kesastraan. Dalam bidang kedokteran, ia berguru kepada Hunayn bin Ishaq di Baghdad. Sekembalinya ke Teheran, ia dipercaya untuk memimpin sebuah rumah sakit di Rayy. Selanjutnya ia juga memimpin Rumah Sakit Muqtadari di Baghdad. Ar-Razi juga diketahui sebagai ilmuwan serbabisa dan dianggap sebagai salah satu ilmuwan terbesar dalam sejarah.

Baca Juga :

10. Abu Al Zahrawi (Albucasis)

Abu Al Zahrawi adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Abu Al Zahrawi adalah Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Abu Al Zahrawi merupakan seorang dokter, ahli bedah, maupun ilmuan yang berasal dari Andalusia. Dia merupakan penemu asli dari teknik pengobatan patah tulang dengan menggunakan gips sebagaimana yang dilakukan pada era modern ini. Sebagai seorang dokter era kekalifahan, dia sangat berjasa dalam mewariskan ilmu kedokteran yang penting bagi era modern ini. Al Zahrawi lahir pada tahun 936 di kota Al Zahra yaitu sebuah kota yang terletak di dekat Kordoba di Andalusia yang sekarang dikenal dengan negara modern Spanyol di Eropa. Kota Al Zahra sendiri dibangun pada tahun 936 Masehi oleh Khalifah Abd Al rahman Al Nasir III yang berkuasa antara tahun 912 hingga 961 Masehi. Ayah Al Zahrawi merupakan seorang penguasa kedelapan dari Bani Umayyah di Andalusia yang bernama Abbas. Menurut catatan sejarah keluarga ayah Al Zahrawi aslinya dari Madinah yang pindah ke Andalusia.
Al Zahrawi selain termasyhur sebagai dokter yang hebat juga termasyhur karena sebagai seorang Muslim yang taat. Dalam buku Historigrafi Islam Kontemporer, seorang penulis dari perpustakaan Viliyuddin Istanbul Turki menyatakan Al Zahrawi hidup bagaikan seorang sufi. Kebanyakan dia melakukan pengobatan kepada para pasiennya secara cuma-cuma. Dia sering kali tidak meminta bayaran kepada para pasiennya. Sebab dia menganggap melakukan pengobatan kepada para pasiennya merupakan bagian dari amal atau sedekah. Dia merupakan orang yang begitu pemurah serta baik budi pekertinya.

Baca Juga Artikel Yang Lain

  • Peristiwa di Bulan Muharram Dalam Sejarah Islam yang Perlu anda KetahuiPeristiwa di Bulan Muharram Dalam Sejarah Islam yang Perlu anda Ketahui Bagi umat muslim di seluruh dunia, bulan Muharam adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu setiap tahun, karena tahun baru Islam dimulai dari bulan ini. Tahun baru, semangat, suasana baru, […]
  • Arti Bulan Muharram Dalam IslamArti Bulan Muharram Dalam Islam Kata Muharram, secara etimologinya diambil dari kata Arab “Harrama-Yuharrimu-Tahriiman-Muharrimun-wa-Muharramun”, yang berarti “diharamkan”. Yakni, Muharram adalah sesuatu yang dihormati […]
  • 7 Bentuk Rumah Paling Unik dan Menarik di Dunia7 Bentuk Rumah Paling Unik dan Menarik di Dunia Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal dalam waktu tertentu oleh semua makhluk hidup. Bagi manusia rumah adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Karenanya […]
  • 10 Peperangan Terlama dalam Sejarah Manusia10 Peperangan Terlama dalam Sejarah Manusia Sepanjang usianya, sejarah dunia diwarnai banyak peperangan yang disebabkan berbagai alasan. Sebagian perang merupakan konflik independen, sebagian lainnya adalah kelanjutan dari konflik […]

Click here for more information about "10 Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah"

Write your comment about 10 Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah




Related post to 10 Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah